August 17, 2018 -
4 Hal Yang Diperhatikan Untuk Pemula Memulai Blogger/Blogspot dan Tips Memulainya

Jika kamu baru mengenal dunia Blogger/Blogspot dan ingin mulai menggunakannya. Ada beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan untuk sebelum sampai mulai menggunakannya.


Niche / Tema Konten

Hal ini sangat perlu diperhatikan, bahkan untuk yang sudah berpengalaman pun, untuk menjelaskan dan mempertegas konten pada sebuah blog apakah bertajuk personal, kesehatan, agama, sains, dan lain-lain. Poin ini adalah hal pertama yang harus dipikirkan sangat baik karena akan berkaitan dengan poin-poin lainnya dan sebuah hal yang berkelanjutan. Biasanya blogger pada sebuah blognya akan ber-niche atau bertema konten yang sesuai dengan kemampuan atau bidangnya, agar dapat membuat artikel pos sendiri tanpa menyalin ide orang lain sepenuhnya, seperti kasus dari dahulu hingga sekarang yang masih merajalela yaitu, copy-paste atau menjiplak. Hal yang diterima banyak orang sebagai blogger dan pembaca, keunikan blog dapat menunjukkan kualitas pada blog tersebut.

Blog Template / Desain

Setelah hal pertama (niche / tema konten) dapat ditentukan, mulai lah mencari template / desain halaman blog pihak ketiga, karena blog template bawaan yang disediakan Blogger/Blogspot biasanya tidak memenuhi kebutuhan para blogger yang desainnya yang kaku atau monoton. Percayalah, jika ada sebuah blog yang serius menjalankannya, kemungkinan hanya 1 dari 100 blogger yang menggunakan template bawaan Blogger/Blogspot. Banyak penyedia blogger templates diluar sana yang bisa kamu gunakan untuk blog kamu sendiri. Seperti karya anak Indonesia, www.idntheme.com . Gunakanlah template / desain blog yang menurutmu sesuai dengan niche / tema konten blognya.

Sebenarnya pengguna atau blogger bisa mendesain templatenya sendiri dengan kemauannya sendiri. Namun dengan kemauan juga butuh tuntutan ilmu mengenai bahasa markah HTML, CSS, serta Javascript. Tidaklah mudah, dan butuh waktu yang tak singkat untuk mempelajarinya.

SEO (Search Engine Optimization)

Percayalah, bahwa para blogger berlomba-lomba akan hal ini. SEO dimaksudkan, agar blog dapat terindeks mudah atau lebih optimize pada sebuah search engine, seperti Bing, Yahoo Search, dan si raja search engine Google. Poin pertama yaitu niche, dan kedua yaitu blog template sangat menentukan kualitas SEO. Blogger developer membuat blog template agar lebih optimize dengan search engine, dan yang paling menentukan yaitu poin pertama sebelumnya yaitu niche. Contohnya, artikel pos yang belum pernah ada untuk dibahas lebih mudah dicari, dan contoh lain seperti, beberapa tajuk atau pembahasan artikel yang sama juga mudah dicari search engine, namun memiliki hasil banyak atau lebih dari satu yang berkaitan dengan kata kunci yang dicari. Persaingan inilah yang dimaksud. Juga telah dibahas pada poin pertama, kualitas konten akan sangat menentukannya, serta keunikan. Sebagai pemula yang akan mulai menggunakan Blogger/Blogspot, cukup fokus pada niche / tema konten dan kualitas konten yang juga akan mempengeruhi poin SEO ini secara tak langsung. Serta, SEO mempengaruhi pada trafik kunjungan blog. Trafik blog juga menjadi catatan penting yang dipengaruhi oleh SEO. Contoh sederhananya, jika pembaca mencari sebuah artikel dengan beberapa kata kunci di Google, dan hasilnya tautan artikel blog kamu berada di urutan teratas atau pada halaman satu pencarian Google indeks, pembaca sering mengklik atau membuka tautan yang dilihatnya pertama terlebih dahulu. Trafik blog tersebut dapat tercatat dan dilihat dari blogger dashboard.

Jika kamu sudah memulainya, ada hal berikut sebagai bonus yang menjadi tujuan banyak para blogger.

Google Adsense atau Pengiklan lainnya.

Google Adsense merupakan salah satu tujuan utama para blogger dari pada sekedar isi waktu luang atau sekedar berbagi ilmu. Blogger dapat menerima pundi-pundi balasan dari penayangan iklan pada halaman blog kamu. Penyedia penayangan iklan lainnya selain Google Adsense juga bisa blogger gunakan sebagai penambah isi dompet. Syarat dari poin ini, adalah kualitas 3 poin sebelumnya. Google Adsense menerima sebuah web atau blog yang mempunyai niche / tema konten serta kualitas yang baik. Layaknya seperti sebuah program televisi, iklan lebih banyak masuk pada program televisi yang berpotensial banyak ditonton. Sama dengan web atau blog, Google Adsense pasti tidak menolak pada kualitas konten yang bagus. Google Adsense juga menerima sebuah web atau blog yang menarik untuk dilihat pembaca, dan profitable untuk penampilan iklan, serta Google Adsense mencari web atau blog yang ber-trafik kunjungan blog yang tinggi, sama layaknya seperti sebuah program televisi tadi. Secara langsung, trafik dipengaruhi oleh poin SEO sebelumnya juga kualitas konten yang diberikan. Dapat disimpulkan dengan mudah, bahwa poin pengiklanan ini, berkaitan dengan 3 poin sebelumnya.

Hal-hal poin tersebut juga menjadi sebuah pikiran untuk blogger yang berpengalaman pun jika mereka ingin membuat sebuah blog baru. Pastinya, perhatikanlah baik-baik pada 3 hal poin tersebut yaitu, Niche / Tema Konten, Blog Template / Desain, dan SEO. Serta, poin terakhir yaitu Google Adsense atau pengiklan lainnya sebagai hasil dari 3 poin tersebut.

Setelah mengetahui poin-poin diatas tersebut dan jika kamu benar-benar awam dengan Blogger/Blogspot dan baru ingin memulainya,

Tips Memulai Blogger/Blogspot

  1. Ketahui dan pikirkan terlebih dahulu Niche / Tema konten pada blog yang akan dibuat.
  2. Langsung bangunlah sebuah blog di www.blogger.com
  3. Gunakanlah nama blog yang unik, mudah diingat, dan yang sesuai dengan niche blog. Layaknya ingin memikirkan sebuah nama untuk membangun sebuah perusahaan.
  4. Mulai saja dengan blog template bawaan, serta cobalah mengatur-aturnya sendiri serta menggunakan fitur lain, seperti untuk memposting sebuah artikel.
  5. Setelah paham dengan pengaturan-pengaturan dan cara-cara menggunakannya, mulailah menggunakan blogger template pihak ketiga. Gunakan template yang desainnya dirasa sesuai dengan niche blog.
  6. Lanjutkanlah memposting artikel yang sebenarnya.

Tingkat Lanjut (Opsional)

  1. Carilah referensi mengenai syarat-syarat atau kriteria menggunakan Google Adsense serta kebijakan-kebijakannya.
  2. Jika dirasa blognya memenuhi kriteria dan kebijakan Google Adsense, maka gunakanlah langsung agar tim mereka dapat me-review.

Related Posts

1 comment:

Tags Library

Popular In Month

Subscribe Via Email

Copyright © Audiralog | Powered by: OwlCarousel2 - Masonry - Sticky-Kit