June 18, 2018 -
So, this is my first post
Memulai blog yang sebenarnya sudah cukup lama diinginkan, baru bisa terwujud pada saat ini. Blog dibangun dengan membuat tampilan layout atau template sendiri. Sebenarnya memulai dunia blogging tulis seperti blogger dari google ini sudah saya tau sejak dulu bahkan saya gunakan sekitar tahun 2010. Blogger jadul, dengan tampilan dashboard yang jadul juga. Identik dengan warna biru gelap diheader tampilannya. Saat itu umur saya masih 12 tahun dan menginjak kelas 1 SMP atau kelas 7.



Menjadi pertanyaan, kenapa baru memulai menulis blog baru saat ini? Jarak yang tak bisa dibilang dekat, dari tahun 2010 hingga sekarang.

Awal-awal saat saya menggunakan blogger, saya pernah penasaran mengenai sebuah web/blog setelah membuka situs blogspot juga untuk membaca manga ilegal, khususnya manga Naruto di dotkop.blogspot.com (saya ingat, blog berhenti kira-kira 2 tahun sebelum blog itu dihapus antara di tahun 2012 - 2014. Mungkin pembaca manga jadul mungkin juga tau alamat blog itu) dan tentunya setelah mengenal dunia internet saat itu. Jejaknya saya punya akun sosial media facebook.com/RakaAudiraDoank yang aktif dari dulu hingga sekarang yang masih saya gunakan satu-satunya. Di tahun-tahun tersebut, saya hanya menggunakan blogger hanya untuk belajar mendesain atau mentata tampilannya yang dulu saya tidak tau istilahnya atau nama-namanya, web developer, HTML, CSS, bahkan untuk istilah Javascript yang baru bisa dipahami secara dasar sejak SMA kelas 3.

Dari dulu saya menggunakan internet hanya berputar-putar soal blogger(bukan menulis tentunya), Facebook(buat mainan Ninja Saga, Texas Hold'em Poker dan sosial interaksi dengan teman-teman pengguna tentunya), dan ngegame online misal, PointBlank yang masih dipegang Gemscool.
Referensi anak-anak warnet jadul paham betul tentunya :D
Dan masih suka ngegame hingga sekarang, misal, Counter Strike:Global Offensive steamcommunity.com/id/colay.

Maaf kebanyakan basa-basi. Tapi memang dari situlah saya hidup di dunia internet dan juga mengenal soal blogger. Penggunaan blogger dari google ini untuk saya dari dulu hanya memanfaatkannya untuk pemahaman web desain, but ada berkah luar biasa saat itu hingga sekarang. Saya bisa membuat penuh halaman web, bahkan untuk web dinamis dengan framework Codeigniter yang juga saya pelajari baru-baru ini sejak 2016 tentunya juga pemahaman saya dengan PHP, dan database MySQL. Misalnya, padangblogtrip.dx.am untuk tugas mata kuliah sepele. (Sepele karena dosen menganggapnya hanya basa basi untuk nilai). 1 tahun aktif free hosting per tanggal 20 Mei 2018.

Maaf dengan basa-basinya lagi, namun memang berkahnya luar biasa dari itu daripada saya menggunakan blogger hanya untuk menulis. Luar biasa manfaatnya, memang karena saya juga bukan tipe orang yang suka menulis seperti ini atau blogging dalam hal ini atau juga dunia video blog. Karena itu belum ada hingga sekarang blog yang saya tulis sendiri, punya saya sendiri untuk bisa dibaca oleh orang lain ditambah dengan godaan sibuk kampus dan ngegame.

Saya berpikir dan baru bisa memahami makna dari blogging ini baru sekarang setelah melihat banyak blogger personal seperti di blogger dan para youtuber yang marak digunakan. Bukan masalah membuang atau menggunakan waktu dan mencari pundi-pundi. Tapi juga masalah sharing, bebas berekspresi. Mindset atau konsep saya mengenai itu dulu terlalu kecil atau sempit, ditambah keinginan berekspresi saya yang tidak tau dimana tempatnya. Saya berpikir setelah itu, disinilah bagi saya tempat berekspresi yang cocok, sharing tentang ilmu yang saya pelajari yang bisa jadi bermanfaat bagi pembaca, berbagi pengalaman atau pikiran, dan lain-lain. Karena selama ini saya juga buang-buang waktu selain ngegame, juga buang-buang waktu untuk terlalu mempelajari web developing tapi tak diimplementasikan. Memang web developer tidak wajib mempunyai satu blog/web, karena tugas mereka sebagai pengembang sebuah web biasanya untuk pihak lain, perusahaan atau organisasi, namun setidaknya mempunyai satu web/blog sebagai embel-embel portofolio atau web profile.

Oleh karena itu, saya membangun blog dengan nama "Audiralog" yang diambil dari nama tengah saya "Audira", bisa sebagai embel-embel portofolio saya atau tempat saya berekspresi yang mudah-mudahan berguna.

Hopeful, there is something good in the future. ~

Related Posts

1 comment:

  1. keren yah. dari semua blog. cuman ini yang nempel di benak. keren bro desain nya

    ReplyDelete

Tags Library

Popular In Month

Subscribe Via Email

Copyright © Audiralog | Powered by: OwlCarousel2 - Masonry - Sticky-Kit